Staff dan Penerjemah UPA Bahasa UNG mengikuti program Workshop Penerjemahan Teks Akademik dan Teks Hukum di LBI FIB Universitas Indonesia

Oleh: Indra Prawira Nanda Mokodongan . 29 Juli 2024 . 19:00:00

Sebagai lembaga pelayanan bahasa terdepan di Provinsi Gorontalo, UPA Bahasa UNG terus melakukan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang ada di lingkungan UPA Bahasa UNG. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada tim penerjemah untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilannya melalui lokakarya penerjemahan yang di selenggarakan di Lembaga Bahasa Internasional (LBI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia. Lokakarya yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2024 tersebut difokuskan pada penerjemahan Teks Akademik dan Teks Hukum yang merupakan salah satu target utama layanan penerjemahan di UPA Bahasa UNG. Hal ini bertujuan untuk dapat mempertajam kemampuan tim penerjemah dalam menghadapi teks akademik dan hukum dalam bentuk Abstrak, Dokumen resmi, dan sebagainya.

Pemateri dalam lokakarya tersebut, Bapak Dr. Doni Jaya, M.Hum yang merupakan salah satu Dosen dan Praktisi Penerjemah di Universitas Indonesia, berhasil membekali tim penerjemah UPA Bahasa UNG dengan berbagai metode serta pendekatan penerjemahan dengan standar terbaru. Melalui pemaparan materi serta sesi praktik penerjemahan, tim UPA Bahasa UNG dipandu oleh Bapak Doni Jaya untuk menghadapi fenomena-fenomena serta isu dan kendala yang sering ditemui dalam proses penerjemahan naskah akademik dan teks hukum. Proses ini memberikan insight yang sangat membantu tim penerjemah dalam menghadapi tantangan-tantangan professional dalam memberikan layanan penerjemahan di UPA Bahasa UNG.

Lokakarya penerjemahan teks akademik dan teks hukum di tahun ini merupakan kegiatan yang sudah dinantikan oleh tim Penerjemah UPA Bahasa UNG. Semakin banyaknya permintaan layanan penerjemahan yang datang dari dalam dan luar kampus UNG menjadi salah satu faktor utama diselenggarakannya kegiatan ini, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan secara rutin, sehingga quality control dari produk naskah terjemahan yang dikeluarkan oleh UPA Bahasa UNG bisa terus terjaga.

Agenda

10 Oktober 2019

Seminar Beasiswa Amerika 2019

UPT Bahasa UNG akan menyelenggarakan seminar beasiswa Amerika meliputi beasiswa S2, S3, dan non-degree yang akan diselenggarakan pada pekan depan di Gedung Rektorat UNG Lantai 4. Program ini merupakan kerja sama antara UPT Bahasa UNG dengan AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)