UPT Bahasa UNG memfasilitasi kegiatan Program Persiapan Percapatan Studi Luar Negeri

Oleh: Abdi Gunawan Djafar . 13 Desember 2021 . 08:00:00

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan dan pengajaran, Universitas Negeri Gorontalo meluncurkan Program Persiapan Percepatan Studi Luar Negeri yang diperuntukkan bagi dosen-dosen muda lulusan CPNS tahun 2018, 2019, dan 2020. Dalam pelaksanaannya, program ini didukung oleh UPT Bahasa UNG terutama dalam memberikan pembekalan khusus kepada para peserta.

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 11 Desember 2021, di ruang Ballroom 2 gedung TC Damhil UNG, pukul 10.30 hingga 13.30 WITA.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor UNG Dr. Ir. H. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM. sebagai penggagas program percepatan ini serta Wakil Rektor 3 UNG Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D sebagai ketua tim. Selain itu, hadir juga beberapa dekan, dosen, dan staf pengajar lulusan berbagai universitas di luar negeri yang nantinya akan membimbing para peserta program. Pada kesempatan ini, para dekan membagikan pengalaman mereka selama menjalani kuliah di luar negeri, serta menyampaikan harapan dan doa mereka kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Rektor UNG menegaskan visinya untuk meningkatkan peringkat universitas dalam negeri UNG ke tingkat menengah ke atas. Untuk mewujudkan visi tersebut, UNG membutuhkan lebih banyak dosen dengan kualifikasi doktor, khususnya doktor lulusan luar negeri, demi UNG yang lebih unggul dan berdaya saing.

Sebagai fasilitator program ini, UPT Bahasa UNG mengawali tugasnya dengan mengadakan placement test pada tanggal 15-18 November 2021 yang diikuti oleh 69 dosen dari berbagai fakultas di UNG. Hasil tes tersebut menjadi dasar pemetaan peserta ke dalam 4 kelompok kelas persiapan Tes Kemampuan Berbahasa Inggris. Kelompok 1 dengan 12 peserta adalah kelas persiapan IELTS. Kelompok 2 dengan 17 peserta akan mengikuti kelas persiapan TOEFL ITP. Kelompok 3 yang terbagi ke dalam 2 kelas dengan masing-masing 11 peserta akan berpartisipasi dalam kelas persiapan TOEFL. Sementara itu, 18 peserta pada kelompok 4 akan ditempatkan dalam kelas General English.

Program Peningkatan Kemahiran Berbahasa Inggris ini akan dimulai pada hari Senin, 13 Desember 2021 dengan frekuensi pertemuan 2 kali dalam sepekan dan akan berlangsung selama 2 hingga 3 bulan.

Agenda

10 Oktober 2019

Seminar Beasiswa Amerika 2019

UPT Bahasa UNG akan menyelenggarakan seminar beasiswa Amerika meliputi beasiswa S2, S3, dan non-degree yang akan diselenggarakan pada pekan depan di Gedung Rektorat UNG Lantai 4. Program ini merupakan kerja sama antara UPT Bahasa UNG dengan AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)